belajar

Banyak cara untuk belajar!Dan banyak pula orang yang bisa membantu kita untuk belajar..Dan yang tak kalah adalah banyak hal yang bisa kita pelajari…Apa saja!Bahkan mempelajari diri kita sendiri..Hari ini –tepatnya malam ini-,,,saya belajar bahwa selama ini ternyata saya belum banyak belajar tentang diriku,apalagi tentang orang lain..
Masih banyak hal yang saya lakukan yang ternyata menyakiti orang lain…Ironisnya saya tidak menyadari kesalahan itu!Saya masih beranggapan hal itu sah-sah saja saya lakukan..Bahkan jika ada orang yang tersinggung akan hal itu,,,saya malah menyalahkan orang itu!Ini yang terjadi antara saya dan Mbing beberapa hari yang lalu..Di saat kita sedang serius membahas suatu hal,,,saya nyeletuk!Dan akhirnya Mbing berkata:’kamu emank perusak mood orang ya..’…
Yang terjadi berikutnya sudah bisa ketebak!Saya,,yang sebenarnya bersalah,,,malah menyalahkan dia!Berkata bahwa dia tidak bisa menjaga perasaan saya dengan omongan blak-blakannya yang menusuk..Sering kali kita seperti ini…Melukai perasaan orang lain tanpa sadar,kemudian tidak ingin dikritik..Beranggapan ‘orang lain tidak benar-benar tahu apa yang kita rasa’…Padahal sebenarnya orang lain hanya ingin mengajar kita,menuntun kita,,membimbing kita ke arah yang lebih baik yang sebenarnya bisa kita dapatkan andai saja mata kita mau ‘melihat’ dari berbagai arah,,,telinga kita mau ‘mendengar’,serta mulut kita senantiasa ‘mengerti’ apa yang sebenarnya dia katakan..
Saya menulis ini bukan untuk menggurui para pembaca,,,tetapi hanya ingin berbagi pengalaman!Semoga kita mau ‘belajar’..Saya juga masih dan akan terus belajar…

00:51,14052010
Sambil mendengarkan Prambors di kamar berukuran 4 x 5 m

Leave a Reply

